Senin, 18 April 2011

hello world!!

Yaaak, sudah lama nggak ngisi blog ini, tidak ada kabar yang baru selain ayahku kena stroke kedua hmm..

Alasan kenapa saya menengok blog ini setelah saya punya "mainan" baru untuk coratcoret di situs sebelah.. yaah, karena saya emang lagi pengen memperbaharui yang ini, mumpung laptop kakak saya nganggur, biasanya jam segini saya malas untuk menatap layar monitor, niatnya memang mau cari bahan tulisan buat stock Artikel ke GU. Tapi saya teringat dengan tanggal ini, yah 18 April 2011. 

Tepat setahun yang lalu kita semua telah berkumpul di rumah ini, kenapa? karena setahun lalu Mama saya "resmi" pulang dari "berkunjung" dari rumah sakit berhari-hari . saya ingat betul, malam itu saya ingin sekali tidur di kamar pribadi saya sendiri, saya berfikiran " ah.. kemaren2 tidur di kursi rumah sakit mulu sekarang pengen ngerasain tidur di kamar sendiri lagi". mama saya waktu itu heran kenapa saya belum tidur-tidur di kamar beliau, karena biasanya memang semenjak sakit sampai dirumah sakit saya selalu tidur bareng nemenin mama.. akhirnya mama bilang " dek.. tidur lagi ama mama, temenin mama.. ". pernah terbersit untuk keukeuh ama keinginan diri sendiri untuk tidur nyenyak di kamar sendiri, cuma yaah.. mau gimana lagi, sapa yang nemenin kalo bukan saya? akhirnya saya tidurlah ama Mama lagi.

Dari awal tidur mama tidur menghadap saya , sambil terus megangin tangan saya. mama bilang " sini dek, mama pengen tidur sambil megang kamu..". itu yang saya ingat. saya bilang " iya mamaku sayang, ayo tidur udah malem.capek.." ( oh my god, i am crying now.. mommy i miss you). seandainya saya sebelumnya sudah tau apa yang akan terjadi di keesokan harinya, saya akan lebih memilih untuk tidak tidur dan menghabiskan sepanjang malam untuk berbincang dengan mama.
Esok paginya saya terbangun dengan tidak ada mama di samping, ternyata mama minta dipindahin ke sofa ruang tengah, ya tumben saya tidak terbangun waktu mama digendong untuk pindah ke sofa. yah, saya memang terlalu capek dan terlalu nyaman tidur dengan meregangkan kaki diatas kasur empuk setelah hampir dua minggu saya tidur di rumah sakit. Sampai-sampai kakak saya bilang kalo di malam hari itu mama terkadang meng-aduh yang akhirnya dipijit dan dielus oleh kakak saya biar beliau merasa enakan, DAN saya tidak terbangun sama sekali, padahal  saya termasuk orang yang gampang terbangun (sama seperti ibu saya) ada orang yang masuk kamnar saya bisa langsung terbangun, orang cuma manggil dari luar kamar saya bisa terbangun, denger suara sms pun terkadang saya bangun. tapi malam itu, yah saya tertidur sangat pulas. kakak saya punya pemikiran hal lain tentang hal itu, kakak saya bilang mungkin emang udah ditakdirin saya tidur pulas malam itu karena selama beberapa minggu terakhir memang saya yang merawat mama, dan malam itu memang sudah takdirnya kakak saya yang gantian mengurus mama. yah mungkin benar seperti itu..

Jam 8 pagi mama saya kehabisan oksigen, kakak saya sibuk pergi untuk cari oksigen tambahan. hanya saya , kakak ipar , om dan papa yang menyaksikan perjuangan mama di saat-saat terakhirnya beliau. Dan sekitaran jam 9 beliau meninggalkan kami semua yang menyayanginya selalu.. yes, she left us. Apa yang membuat saya bahagia ialah saya bisa berada saat beliau sakit hingga beliau menghembuskan nafas terakhirnya, saya masih berada di sisinya.

***
Dan malam barusan saya melihat isi-isi foto di laptop kakak saya ini, saya temukan beberapa foto terkahir keluarga kami pergi liburan. foto saat Almarhumah masih sehat. kakak saya masuk ke kamar dengan anaknya, akhirnya saya perlihatkan lagi foto-foto yang saya temukan barusan. Yah.. sepertinya dia berkaca-kaca. lalu saya teriak memanggil papa saya untuk bergabung, dan sepertinya saya salah. hal itu malah membuat Papa saya bersedih teringat akan almarhumah istrinya, yah.. saya salah sepertinya..

Dear Mom, 
Mah, sudah mau setahun mama ninggalin kita..
cuma mama yang ngertiin aku, cuma mama yang bisa diajak "kongkalikong" kalo aku mau ngapa-ngapain, cuma mama yang belain aku kalo aku lagi kenapa-kenapa.. iya, cuma mama...
miss you Mom..


kalo pacar saya tau saya menulis ini , dia pasti bilang " sayang , jangan meratapi terus.."
hehe yah ini kan cuma mengenang, gakerasa udah mau setahun aja..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

speak your mind..